Pelatihan Dasar Penggunaan CAT Tool (SDL Trados Studio Freelance 2015)

Pelatihan Dasar Penggunaan CAT Tool

SDL Trados Studio Freelance 2015

 

Seorang penerjemah profesional hampir selalu bekerja dengan tenggat waktu yang sangat ketat. Kondisi ini, jika tidak dikelola dengan baik oleh penerjemah, dapat memengaruhi kualitas terjemahan yang dihasilkannya. Salah satu cara yang dapat dilakukan oleh penerjemah dalam menjaga kualitas terjemahan adalah dengan menguasai bagaimana menggunakan secara efektif berbagai alat bantu penerjemahan (CAT Tool). Penguasaan keterampilan dalam menggunakan alat bantu penerjemahan ini sangat penting dimiliki oleh seorang penerjemah baik yang telah atau akan terjun ke dunia profesi penerjemahan secara profesional.  Kemampuan yang baik dalam menggunakan CAT Tool, selain dapat mempercepat proses penyelesaian penerjemahan, juga dapat menjaga akurasi dan konsistensi istilah yang digunakan dalam hasil terjemahannya, yang pada akhirnya dapat meningkatkan profesionalisme penerjemah itu sendiri. Untuk membantu para anggotanya mencapai tujuan ini, HPI akan mengadakan “Pelatihan Dasar Penggunaan CAT Tool SDL Trados Studio Freelance 2015” pada:

Hari/Tanggal : Sabtu, 8 April 2017
Waktu : Pukul 09.00 – 17.00 WIB
Tempat : Aula Gedung Samudra Lt. 2

Badan Pembinaan dan Pengembangan Bahasa

Jl Daksinapati Barat IV, Rawamangun Jakarta Timur

Fasilitator : Wiwit Tabah Santosa

 
Catatan:

1) Peserta yang belum memiliki perangkat SDL Trados Studio Freelance 2015 diharapkan sudah memasang perangkat lunaknya sebelum pelatihan dimulai.
2) Peserta yang sudah mendaftar dan membayar biaya kesertaan akan mendapatkan petunjuk lengkap mengenai pemasangan versi trial perangkat lunak ini.
3) Jika peserta menghadapi masalah dalam melakukan pemasangan versi trial ini, silakan hubungi Help Desk Online HPI di nomor 081315764821 atau melalui surel dengan alamat arfan.achyar@gmail.com  dengan tembusan ke sekretariat@hpi.or.id
4) Peserta diharapkan membawa laptop dengan spesifikasi setidaknya Intel Core-i3 atau setara, RAM 4 GB, layar 14 atau 15 inci, dan menggunakan Windows asli dengan update terakhir (penggunaan Netbook tidak disarankan).
5) Panitia akan menyediakan colokan sambung. Namun, karena jumlahnya terbatas, peserta diharapkan membawa colokan sambung sendiri.
6) Biaya pendaftaran sudah termasuk kudapan 2 kali, makan siang, dan sertifikat.

 

Pendaftaran:

1) Hubungi Sekretariat HPI melalui nomor telepon 0878 0900 0041 atau021-7514548 dan sekretariat@hpi.or.id
2) Lakukan pembayaran sebesar Rp 500.000,- (lima ratus ribu rupiah)untuk anggota HPI atau sebesar Rp 600.000,- (enam ratus ribu rupiah)untuk umum.
3) Untuk memudahkan proses administrasi, mohon cantumkan nama dan nomor anggota HPI ketika melakukan pembayaran melalui Internet Banking atau melalui Mesin ATM Nontunai. Apabila pembayaran dilakukan melalui mesin ATM Tunai, mohon sertakan empat digit terakhir nomor anggota HPI dalam pembayaran, misalnya Veronika Napitupulu  – Rp 500.785,- (empat digit terakhir, 0785, adalah empat digit terakhir nomor anggota HPI Veronika Napitupulu).
4) Kirim bukti transfer pembayaraan kepada Sekretariat HPI melalui surel.
5) Pendaftaran dan pembayaran akan ditutup pada 7 April 2017.

Rekening pembayaran:

Bank Mandiri

Nomor Rekening: 103-00-0515053-3

Atas nama: Himpunan Penerjemah Indonesia

 

Ayo kita tambah pengetahuan dengan menguasai keterampilan dalam menggunakan alat bantu penerjemahan ini. Sampai jumpa!!

 

Salam,

 

Veronika Napitupulu

Koordinator Kegiatan

Silakan Komentar Anda