Pelatihan Pengoperasian Trados 2011

 

Rekan-rekan yang baik,

Salah satu keahlian yang dapat mendukung kinerja para penerjemah dalam upaya meningkatkan kualitas dan kuantitas terjemahan, baik dari sisi proses maupun hasil terjemahannya, adalah kemampuan dalammengoperasikan Computer Aided Translation Tools alias CAT Tools. Selama ini, CAT Tools atau yang sering disebut dengan istilah si Meong oleh kalangan penerjemah telah terbukti membantu para penerjemah dalam proses melakukan penerjemahan yang jauh lebih efisien.

Kali ini HPI mengadakan pelatihan yang sudah dinanti-nantikan oleh banyak anggota HPI dan non-HPI yaitu “Pelatihan Pengoperasian Trados 2011”. Trados dikenal sebagai Cat Tools premium yang sering menjadi salah satu persyaratan bagi penerjemah untuk dapat merambah pasar penerjemahan mancanegara.

Pelatihan ini akan diselenggarakan pada 

Hari, Tanggal: Sabtu, 17 November 2012
Waktu: pukul 08.0 – 16.00
Tempat: Pusat Dokumentasi Sastra HB Jassin, Taman Ismail Marzuki, Jl. Cikini Raya, Jakarta Pusat

Fasilotator:

Bapak Arfan Achyar, Ibu Sofia Sari, Ibu Evina dan Bapak Budi Suryadi.

Sebagai CAT Tools premium dan juga mengingat sistem pengoperasian Trados yang cukup kompleks, maka demi kelancaran proses pelatihan dan untuk memastikan bahwa para peserta dapat merasakan manfaat program Trados 2011 ini semaksimal mungkin, maka mohon diperhatikan persyaratan berikut ini yang harus dipenuhi:

  1. Peserta harus sudah pernah mengikuti pelatihan atau pernah mengoperasikan program WordFast atau Trados 2007.
  2. Peserta harus membawa laptop (program tidak dapat dijalankan pada net book), modem, kabel ekstensi listrik, dan flashdisk. Mohon dicek apakah laptop Peserta memiliki spesifikasi berikut:Prosesor 1GHz minimum, RAM minimum 1GB (untuk WinXP atau Vista atau Win7 32bit) dan minimum 2GB untuk Win7 64Bit, serta tersedia ruang di harddisk minimal 3GB.
  3. Apabila peserta kesulitan mengetahui apakah laptop peserta memenuhi spesifikasi tersebut, mohon data spesifikasi laptop yang digunakan dalam bentuk potret layar (screenshot)  system property  dikirim melalui surel ke arfan.achyar[at]gmail.com. Rekan Arfan akan memastikan kompatibilitaslaptop dengan file Trados yang  akan diinstal.
  4. Setelah spesifikasi memadai untuk digunakan menjalankan aplikasi ini, maka peserta harus melaksanakan  instalasi modul sebelum acara Pelatihan. Untuk proses instalasi mohon masing-masing peserta berkoordinasi dengan Rekan Arfan Achyar.

Tempat sangat terbatas yakni untuk 40 orang pendaftar saja.


Setelah mendaftar, silakan menghubungi Rekan Arfan dengan alamat surel di atas untuk memastikan kompatibilitas dan mendapatkan informasi tentang cara menginstal program.


Tentang pendaftaran:  

Biaya:     Rp 350.000 – untuk anggota HPI

             Rp 400.000 – untuk non-HPI

Pendaftaran dapat dilakukan dengan menghubungi Sekretariat HPI atau mengirimkan surel kesekretariat@hpi.or.id, sekaligus dengan mengirimkan bukti pembayaran Anda. Untuk memudahkan proses administrasi, seluruh anggota HPI dimohon untuk melakukan pembayaran dengan menyertakan 3 digit terakhir nomor anggota HPI, misalnya Dita Wibisono – Rp. 350.230,- (3 digit terakhir, 230, adalah nomor Anggota HPI Dita Wibisono).

Silakan lakukan pembayaran melalui, dua rekening di bawah ini:

Bank Mandiri

Rekening No. 1030005150533

Atas Nama: Himpunan Penerjemah Indonesia

ATAU

BCA

Rekening No. 4361630071

Atas Nama Bendahara HPI: Nelce Manoppo

 

Jangan lewatkan kesempatan yang sangat berharga ini, daftarkan diri Anda segera. 

Salam,

 

Dita Wibisono
Koordinator Kegiatan

Posted in:
About the Author

Dina Begum

Pengurus HPI Bidang Infotek

Silakan Komentar Anda