Gelar Wicara ‘Sudahkah Mahir Berbahasa Indonesia’?

Radio Suara Edukasi, AM 1440 KHz, 24 September 2014, pk. 14.00-15.00 WIB, Pustekkom Kemdikbud

Narasumber: Dr. Fairul Zabadi, Kabid Pembelajaran, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa dan Wiyanto Suroso, Kabid Pengembangan Profesi, HPI.

Simak rekamannya di sini.

Presiden belum lama ini meresmikan Pusat Pengembangan Strategi dan Diplomasi Kebahasaan, dengan berlandaskan Undang-Undang No.24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara serta Lagu Kebangsaan.

Mungkinkah bahasa Indonesia menjadi bahasa antarbangsa di ASEAN? Memungkinkan. Memenuhi syarat sebagai bahasa antarbangsa menurut Ferguson, yaitu: (1) penutur banyak, (2) mudah dipelajari, (3) dituturkan di banyak negara, dan (4) merupakan bahasa di negara dengan pertumbuhan ekonomi tinggi.

Apa peran HPI dalam penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar? Penerjemah disyaratkan menguasai bahasa sumber dengan baik dan bahasa sasaran dengan baik pula. Dengan demikian, penguasaan bahasa Indonesia semestinya memadai, dengan menerapkan kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar. HPI mendorong para penerjemah untuk mengikuti UKBI secara berombongan dan berkala. Kegiatan ini akan dimulai dalam waktu dekat.

Jangan lupa untuk ikut UKBI, ya.

Wiyanto Suroso

HPI-01-09-0189

 

Posted in:
About the Author

Dina Begum

Pengurus HPI Bidang Infotek

3 Comments

  1. saya masih mahasiswa buk dari jurusan bahasa inggris buk,apakah saya bisa bergabung buk? mohon informasi nya buk,maksi buk..

  2. Kegiatan UKBI sebaiknya diadakan sesering mungkin. Jangan dalam setahun dilakukan hanya sekali atau dua kali saja. Terlebih bagi kami Guru-guru yang ada di daerah. Terimakasih.