HPI » Cerita » Kiat Sederhana dalam Memasarkan Jasa

Kiat Sederhana dalam Memasarkan Jasa

by Sarah Sungkar
1 comment

Sebagai pemula dalam bidang penyedia jasa alih bahasa, kita sering kali tidak tahu apa yang harus dilakukan untuk mempromosikan keahlian yang kita miliki. Menemukan lingkungan yang sesuai dengan bidang yang digeluti adalah salah satu kunci keberhasilan dalam memasarkan jasa.

Melanjutkan artikel sebelumnya terkait memulai karier sebagai pengalih bahasa, kali ini kita akan membahas hal yang dapat dilakukan agar peluang pekerjaan sebagai penerjemah dan/atau juru bahasa terbuka luas.

Anda mungkin ingat poin untuk meluangkan waktu membuat CV dan resume. Biasanya, penerjemah dan/atau juru bahasa pemula belum menentukan fokus dan bidang alih bahasa yang diminati atau dikuasai. Mereka cenderung menerima semua peluang yang dapat dikerjakan. Coba-coba dulu, istilahnya. Namun, ada pula yang sejak awal sudah memantapkan niat: hanya mau mengerjakan satu atau dua bidang tertentu.

Seiring berjalannya waktu, Anda makin kenal letak kemampuan sendiri dan bidang yang Anda anggap aman (secara jaminan mutu) untuk dikerjakan. Mulai dari sini, Anda harus ingat untuk mencatat apa keahlian alih bahasa Anda karena, percayalah, ada banyak sekali bidang yang membutuhkan jasa pengalih bahasa.

Setelah menentukan bidang(-bidang) fokus keahlian, cantumkan dengan jelas dan detail di CV dan resume Anda. Setelah CV dan resume jadi, sebar atau gunakan untuk melamar ke berbagai perusahaan yang membutuhkan jasa Anda sebagai pengalih bahasa. Dalam situasi dan kondisi tertentu, CV/resume mungkin perlu disesuaikan dengan konteks tiap klien/perusahaan.

Dari CV/resume itu, Anda juga bisa comot info-info penting terkait dan mencantumkannya di media sosial seperti Instagram, Facebook, dan Twitter. Ingat, walaupun di media sosial, Anda harus tetap terlihat profesional. Pastikan pula bahwa info yang Anda unggah ke media sosial bukanlah info sensitif, yang tentu dilindungi dengan perjanjian kerahasiaan. Melindungi kerahasiaan informasi dan data klien adalah kewajiban profesional kita, yang juga diatur di dalam Kode Etik Penerjemah HPI, lo.

Maksud dari ‘memprofesionalkan’ media sosial adalah untuk meyakinkan klien dan perusahaan bahwa Anda adalah penyedia jasa yang tepat dan dapat diandalkan. Khusus untuk LinkedIn, tampilannya sudah cukup rapi. Anda tinggal menambahkan informasi pilihan terkait jasa Anda sesuai dengan templat yang disediakan di platform itu.

Hal berikutnya yang perlu Anda lakukan adalah bergabung dalam komunitas pengalih bahasa. Di Indonesia, komunitas paling populer untuk profesi ini adalah Himpunan Penerjemah Indonesia (HPI). Manfaat bergabung dengan komunitas adalah:

  • Mendapat teman baru;
  • Bertemu dengan rekan-rekan seperjuangan, baik pemula maupun berpengalaman;
  • Bertukar cerita dan pengalaman;
  • Ada tempat untuk bertanya jika menemui jalan buntu saat sedang mengerjakan proyek; dan
  • Arus informasi lowongan pekerjaan yang cukup deras.

Selain HPI, Anda juga bisa memperluas pencarian lowongan pekerjaan alih bahasa dan berkumpul di web jejaring untuk pengalih bahasa, seperti ProZ.com dan TranslatorsCafé.com. Makin aktif di tiga tempat ini, makin Anda dikenal luas, makin mudah Anda diingat calon klien.

Ketika melamar ke perusahaan atau hendak menerima tawaran klien, pastikan Anda menguasai dan mampu memenuhi ekspektasi tawaran itu agar hasil kerja Anda maksimal dan memuaskan. Dengan demikian, citra profesional yang sudah Anda bangun makin kokoh.

Terakhir, selalu jaga hubungan baik dengan semua orang – dengan diri sendiri, klien, perusahaan, rekan kerja, rekan komunitas – karena kita tidak pernah tahu masa depan dan kapan kita akan butuh bantuan.

Memasarkan jasa sebagai penerjemah dan/atau juru bahasa sebenarnya tidak sulit, yang penting adalah kesabaran dan keajekan. Sabar dan ajek menata dan membangun citra diri; sabar dan ajek mencari peluang dan menawarkan jasa; sabar dan ajek berjejaring; serta sabar dan ajek memantaskan diri untuk merengkuh kesuksesan yang menanti.

Teruslah mencari, giatlah berupaya. Teruslah belajar dan kembangkan kemampuan diri agar kepiawaian dalam bekerja meningkat. Anda akan menikmati buah dari perjuangan Anda.

You may also like

1 comment

Dinamika Pekerja Lepas – Koki Kata 1 Juni 2022 - 18:20

[…] Penerjemah lepas tentu harus memasarkan sendiri jasa mereka. Baca beberapa kiatnya di sini, yuk. Di […]

Reply

Silakan Komentar Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.