Lapanta Seminar ‘Mengolah Kata, Menuai Rupiah’

Rekan-rekan HPI YSH.,

Berhubung setelah pulang dari Yogya saya langsung dikepung singa mati, jadi baru sekarang berkesempatan untuk menulis sedikit tentang acara di Yogyakarta (Better late than never). Acara seminar ‘Mengolah Kata, Menuai Rupiah’ pada hari Sabtu, 21 April 2012 di Yogyakarta berlangsung dengan meriah dan sukses dan dihadiri oleh 150 peserta lebih. Acara dibuka dengan sambutan dari Bapak Drs Hirmawan Wijanarka, Kepala Program Pendidikan Sastra Inggris di Universitas Sanata Dharma, disusul dengan sambutan singkat dari Ketua HPI.

Presentasi yang pertama disajikan oleh Ibu Sofia Mansoor, Anggota Dewan Kehormatan HPI, dengan judul “Penerjemah: Profesi Menjanjikan” dilanjutkan dengan presentasi kedua yang disampaikan oleh Ibu Rahmani Astuti, Anggota HPI di Solo, dengan judul “Menerjemahkan Buku”. Setelah diselingi acara pendirian HPI Komisariat Daerah (Komda) Provinsi DIY-Jateng, Ibu Anna Wiksmadhara, Sekretaris HPI, membawakan presentasi yang memberikan gambaran dan penjelasan mengenai HPI dan perannya dalam industri penerjemahan  dewasa ini, dan presentasi terakhir yang berjudul “Memasarkan Jasa Terjemahan Melalui Internet” disampaikan oleh saya sendiri.

Rapat pendirian HPI Komisariat Daerah (Komda) Provinsi DIY-Jateng yang dipandu oleh rekan Anna Wiksmadhara sebagai Pembawa Acara, dihadiri oleh rekan Sofia F. Mansoor selaku wakil Dewan Kehormatan HPI, Ketua HPI Komda Jabar, rekan Lanny Utoyo (Bandung) dan Ketua HPI Komda Jatim rekan Sutarto Mohammad (Malang), serta anggota HPI lainnya dari Jakarta, DIY dan Jawa Tengah dan tidak ketinggalan para mahasiswa Fakultas Sastra  Inggris Universitas Sanata Dharma dan para undangan lainnya. Dalam rapat tersebut, seluruh anggota penuh HPI yang berdomisili di provinsi DIY-Jateng yang hadir pada acara tersebut menyampaikan keinginan mereka untuk mendirikan Komda di wilayah ini. Keinginan tersebut dikabulkan dan Ketua HPI kemudian menyatakan bahwa mulai saat itu secara resmi didirikan HPI Komisariat Daerah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dan Provinsi Jawa Tengah, berkedudukan di Yogyakarta. Selanjutnya Ketua Umum HPI menyerahkan SK Pendirian HPI Komda DIY-Jateng dan Piagam kepada rekan Claryssa Suci Fong selaku ketua panitia dan rekan Andika Priadiputra selaku wakil ketua panitia,

Acara ini disusul dengan Rapat Anggota Pertama HPI Komda DIY-Jateng dengan agenda tunggal yakni Pemilihan Ketua HPI Komda DIY-Jateng. Dalam rapat ini  rekan Ricky Widhy Purnomo (Yogyakarta) bertindak sebagai ketua sidang didampingi oleh rekan Nur Aini (Semarang) dan rekan Sriati Sumowidagdo (Purwokerto).  Rapat pada akhirnya menentukan bahwa Claryssa Suci Fong (Yogyakarta) terpilih secara aklamasi sebagai Ketua HPI Komda DIY-Jateng pertama untuk masa bakti 3 (tiga) tahun. Setelah pendirian Komda Jabar dan Komda Jatim pada tahun yang lalu, Komda Provinsi DIY-Jateng ini merupakan Komda ke-3 yang berhasil didirikan dalam kurun waktu 2 (dua) tahun ini.

Pada kesempatan ini saya ingin mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada pimpinan Universitas Sanata Dharma, khususnya kepada Bapak Drs. Hirmawan Wijanarka, yang telah memperkenankan penyelenggaraan acara ini di kampus Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Saya juga mengucapkan selamat dan terima kasih kepada rekan Claryssa dan rekan Andika beserta tim yang terdiri atas Sdr Deni dan teman-teman mahasiswa Universitas Sanata Dharma atas suksesnya acara ini serta kepada semua anggota HPI di Yogya dan Jateng yang terlibat dalam persiapan acara ini. Tanpa kerja keras Anda semua acara ini tidak akan berlangsung semeriah seperti kemarin ini.

Khusus kepada rekan saya Claryssa Suci Fong saya ucapkan selamat atas terpilihnya sebagai Ketua HPI Komda Provinsi DIY-Jateng. Saya yakin bahwa di bawah kepemimpinan rekan Claryssa Komda DIY-Jateng akan berkembang pesat. Pesan saya sebagaimana juga saya sampaikan kepada Ketua Komda lainnya, agar sebagai Ketua kita senantiasa bersikap rendah hati dan menerapkan sistem Kepemimpinan yang Melayani (Serving Leadership). Dalam hal ini melayani masyarakat dan komunitas penerjemah pada umumnya dan khususnya anggota HPI dengan berpedoman pada motto ‘asah-asih-asuh’.

Selamat bertugas.

Salam hangat,
Eddie R. Notowidigdo
Ketua Umum HPI
HPI-01-07-0148

Posted in:
About the Author

Dina Begum

Pengurus HPI Bidang Infotek

2 Comments

Silakan Komentar Anda